Posted by Admin TQ on 1/06/2009 01:26:00 AM

"Wow... keren...."
Itu paling tidak impresi awal saat memasuki website MOI (Ministry of Interior) Qatar yang baru. Tetap dengan alamat yg sama dengan sebelumnya http://www.moi.gov.qa/, sekarang menyajikan informasi yg lebih lengkap dan user friendly. Tentu saja tampilan yg sekarang jauh lebih cantik dari sebelumnya.

Sekarang sudah disediakan portal khusus untuk citizens, residents dan visitors. Bila kita masuk ke bagian residents semua fasilitas yg ada tersedia di sana, baik yg online maupun offline. Formulir2 --seperti visa dan license application form -- yang dulunya hanya bisa didapatkan di typist sekitar kantor imigrasi atau kantor polisi atau di sofitel, sekarang bisa ditemukan di website ini. Dan kita pun bisa mengisinya dan mencetaknya langsung dari komputer kita, dengan catatan bahasa Arabnya sudah fasih. Wah, jangan2 ini bisa mengurangi pemasukan para typist.

Selain itu, juga disediakan eServices. Sebenarnya eServices ini sudah ada sejak bbrp waktu yang lalu, tetapi sekarang lebih rapi dan cantik. Beberapa fasilitas baru pun ditambahkan. Juga tersedia lokasi kantor MOI dan layanan2 yg disediakan. Siapa tahu dalam waktu dekat akan dipasang sekalian petanya, jadi lebih mudah untuk menemukan lokasinya. Untuk lebih jelasnya lihat sendiri di websitenya ya.

Sayangnya beberapa informasi masih disajikan dalam bahasa Arab. Tapi dengan google translate, ini tidak menjadi masalah.

0 comments: